November 24, 2013

rendang daging ...

dulu sekali, saat awal-awal berumah tangga, saya pernah membuat rendang dengan menggunakan bumbu instan ...
rasanya ? ... sama sekali tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata alias tidak karu-karuan ... LOL ...
dan sejak itu, saya "trauma" dan tidak pernah mencoba membuat rendang lagi ...

tapi ternyata, sulung saya doyan banget sama rendang gara-gara nyicipin mi goreng rendang yang saya makan ... itu membuatnya mau mencoba makan rendang (yang saya beli) dan ternyata dia ketagihan ...

selama ini, saya selalu membeli rendang pada seorang temen ... rendang'nya pun rendang special karena pesen "rendang yang gak pedes" ... he he he
dan sekarang, karena pengen menyajikan rendang buatan saya sendiri, saya pun meng'impor resep rendang dari temen saya yang ahli membuat rendang padang ...

beneran dah ... rasanya sangat-sangat top markotop walo untuk membuatnya sangat-sangat menghabiskan waktu ...




Bahan :
1000 g daging sapi, potong-potong
200 g bawang merah
100 g bawang putih
200 g cabai merah giling
100 lengkuas
100 g jahe
6 butir kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1 butir pala
garam secukupnya
3 batang serai, memarkan putihnya, simpulkan
2 lembar daun kunyit, simpulkan
3 lembar daun jeruk
santan sedang dari 3 butir kelapa

Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kemiri, ketumbar dan pala. Jangan lupa beri garam secukupnya.
Tumis bumbu halus bersama cabai giling hingga harum. Tambahkan serai, daun kunyit dan daun jeruk. Tuangi santan, masak sambil diaduk hingga kental.
Masukkan potongan daging. Masak terus sambil sesekali diaduk hingga kering selama lk. 3 jam.

Selamat mencoba yaa ...



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...