November 13, 2013

roti manis ...

sama sekali tidak pernah terpikir di benak saya untuk belajar membuat roti sebelumnya ... tapi apa daya, tinggal di "tengah gurun" dimana bakery yang menjual roti enak macam breadtalk tidak ada, membuat saya terpikir untuk membuat roti sendiri ... apalagi ada mak Ema yang bersedia mengajari saya untuk membuatnya ...

so, beginilah roti manis buatan saya ...





Bahan A :

  • 500 g tepung terigu protein tinggi (saya memakai all purpose flour biasa)
  • 11 g (1 bungkus) ragi instan
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 80 g gula halus
  • 25 g susu bubuk
  • 3 g bread improver (saya pake Baker Bonus)
Bahan B :
  • 2 kuning telor
  • 1 putih telor
  • 220 ml susu cair
Bahan C :
  • 75 g salted butter
  • 1 sdt garam
Bahan D (untuk olesan), campur jadi satu :
  • 1 kuning telor
  • 1 sdm evaporated milk
Bahan Isi :
  • pisang, keju, coklat, sosis
Cara Membuat :
  • Campur bahan A hingga rata.
  • Masukkan telur dan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis.
  • Tambahkan garam dan butter lalu uleni sampai benar-benar kalis.
  • Tutup adonan dengan plastik dan istirahatkan adonan di tempat hangat selama 1 jam hingga mengembang.
  • Kempiskan adonan lalu timbang @ 40-50 g, bulatkan. 
  • Tata di atas loyang, beri jarak yang cukup karena adonan akan mengembang lagi, Tutup dengan plastik dan istirahatkan adonan selama 10-15 menit.
  • Ambil 1 bulatan adonan, isi dan bentuk sesuai selera.
  • Atur di atas loyang yang telah dioles margarin atau dialasi kertas roti, beri jarak yang cukup.
  • Diamkan selama 15 menit hingga mengembang lagi.
  • Oles dengan bahan olesan lalu panggang hingga matang. Angkat.
Selamat mencoba ....




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...